BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic

text

Wednesday 17 November 2010

TIPS MERAWAT LAPTOP TIDAK CEPAT RUSAK


Berikut ini tips atau cara agar laptop anda awet dan tidak mudah rusak. Lumayan kan ngirit duit,dari pada cepet rusak trus masuk tempat servise. Pasti duit dech yang akan keluar dari kantong saku.hehehe...

CARA-CARA MERAWAT LAPTOP AGAR TIDAK CEPAT RUSAK :

1.LAYAR/MONITOR
Bahan dari monitor biasanya mengandung lapisan micro fiber yang lembut dan lapisan kaca, debu dan bekas tangan biasanya nempel disitu, bersihkan layer dalam keadaan Mati atau tidak terkoneksi dgn listrik supaya layar LCD itu tidak mengandung aliran listrik, Cara membersihakannya, disapu lembut dengan menggunakan tisu/kain halus dikombinasikan dgn air atau cleaning liquid (biasanya dijual dgn kain khususnya).

2.BATERAI
Notebook biasanya menggunakan baterai jenis Lithium, sama seperti baterai HP, usahakan jangan discharge jika posisi notebook dalam keadaan hidup. Jika charge baterai dalam keadaan hidup, biasanya menyebabkan panas yang berlebih (overheating) pada baterai tersebut, sehingga menyebabkan korosi. Jadi ketahanan baterai tersebut setiap hari persentasenya semakin berkurang.
Dan juga usahakan pakai baterai yang kompatibel dgn notebook tersebut. Untuk memperpanjang umurnya, usahakan discharge dalam keadaan mati. Kalau waktunya tidak ada, colokkan saja powernya sampai indikator baterai sdh hampir penuh, cabut lg baterainya.Mamfaatkan waktu istirahat kantor 1 jam tsb untukt reload baterainya. Dan waktu luang lain. Dan hindari dari tempat terbuka yang panas, tempat parkis yg panas, basah / apalagi kena air. Jika ketahanan baterainya sudah tidak maksimal lagi, charger bisa dilakukan sambil notebook nyala, kalau indikator baterai menandakan sudah hampir penuh, cabut saja colokan chargernya.

3.ADAPTOR/CHARGER
Adaptor ini biasanya terbuat dari lempeng tembaga, arus listrik yang mengalir dari ujung kabel adaptop biasanya menghasilkan panas yang menyebabkan kabel disepanjang adaptop itu memuai, Jika kita melilit kabel tersebut terlalu keras nanti menyebabkan serat kabel dibagian dalam putus. Jadi usahakan tidak dililit pada adaptor, tetapi diluar adaptor sehingga kabel itu tidak “tertarik”. Dan juga usahakan pakai charger yang kompatibel dgn notebook tersebut.

4.KEYBOARD
Didalam cleaning kit biasanya sudah dilengkapi dengan kuas untuk membersihkan keyboard. Bersihkan disetiap sela-sela keyboard, anda juga bisa pakai sikat gigi yang ujungnya halus. Atau bisa menggunakan kuas cat. Tapi jangan di cat yach.hehe

5.HARDISK
Data adalah segalanya dari notebook ini, hindari penggunaan laptop pada tempat-tempat yang mudah bergerak, seperti dimobil bergerak, tempat tidur, sofa dll. Karena getaran tersbut menyebabkan Head hardisk yang terbuat dari besi dapat merusak lempengan hardisk. Kalau sudah begitu hardisk jadi Bad Sector dan paling parah Rusak total. Dan usahakan pemakaian notebook tidak lebih dari 8 jam /hari. 

6.BODY/CASING
Casing hal yang paling susah untuk dijaga dari goresan, dan ada juga yang sudah antigores, biar tidak lecet/tergores bisa diminimalisir dengan cara memberikan pelapis plastic. Biasanya jadi jelek kelihatannya, tapi ada kok sekarang yang menjual lapisan plastic dengan gambar-gambar wallpaper yang indah. Dan casing biasanya dibersihkan dengan cairan liquid, banyak kok dijual di toko-toko computer

SEMOGA BERMANFAAT...!!!!  naruto

2 comments:

R. Satrio Utomo said...

thankz infonya ...
mmbantu bnget gan ...

Arifin said...

thanks da berkunjung

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR SUKA-SUKA....